Langsung ke konten utama

Penyebab Keterasingan Manusia dengan Buku

~ Rendahnya daya konsentrasi, mudah jenuh, kurang sabar, dan rendahnya daya tahan untuk waktu yang lama didalam kesunyian dan keterasingan yang dibutuhkan dalam membaca. Hal ini terjadi biasanya pada individu yang ‘aktif’ , sering bergerak dan tidak bisa duduk berdiam diri di satu tempat dalam jangka waktu yang lama.
~ Tidak mengetahui manfaat dan keutamaan dari membaca, Karena biasanya sesorang itu cenderung memusuhi apa yang tidak diketahuinya.
~ Panjang dan Tebalnya buku yang akan dibaca.
~ Kesalahan di awal, seperti membaca buku tingkat lanjutan dalam sebuah tema sebelum membaca buku dasar yang mudah atau pendahuluan. Ini adalah kesalahan yang berakibat kesulitan dalam memahami bacaan.
~ Gaya bahasa yang terlalu ‘tinggi’ yang digunakan oleh penulis buku, yang mungkin bisa jadi karena kultur gaya bahasa yang digunakan di zaman dimana buku tersebut ditulis. Hal ini ditambah dengan kemunduran tingkat linguistik bahasa modern, yang mana bahasa formal yang baku (fusha) kini tergerus oleh bahasa percakapan sehari-hari yang digunakan oleh masyarakat umum (ammiyah)
~ Kurangnya pengetahuan mengenai istilah-istilah yang digunakan dan diulang-ulang dalam buku, yang menjadi penghalang untuk memahami dan membaca.
~ Kurangnya berkawan atau bersahabat (mungkin juga berkomunitas) dengan orang-orang yang punya semangat dalam membaca, sehingga saling memotivasi dalam membaca. Yaitu, para penuntut ilmu yang mereka bersemangat dalam membaca. Ketahuilah, a person is the same as their close friend.
~ Menghabiskan waktu dengan membaca buku-buku yang tidak bermanfaat, dan menyibukkan diri dengan membaca bahan bacaan yang tidak bermanfaat bagi dunia dan lebih-lebih akhirat kita, tidak menambah ilmu pengetahuan kita bahkan mungkin membahayakan diri kita.
~ Tidak adanya dorongan untuk membaca di masyarakat, sedangkan para pelajar mereka hanya membaca dan memfokuskan diri hanya pada buku bacaan yang mana berkaitan dengan tugas sekolah yang harus mereka kerjakan saja.
~ Tidak meminta nasihat (resensi) dalam memilih dan membaca buku, atau mendapatkannya dari orang-orang yang kurang tepat.
~ Lemahnya pengetahuan bahasa Arab, kurang memahami kata-katanya, dan kurang memahami gaya bahasa dan sastranya (balaghah) *. [*untuk bacaan kitab-kitab berbahasa arab]
~ Gangguan dan kurangnya konsentrasi. Ini adalah masalah yang banyak dikeluhkan oleh pembaca. Mereka mengatakan bahwa mereka sudah membaca satu halaman dan satu buku tanpa memahami apapun, dan mereka membaca tetapi fikiran tidak fokus. Akan ada bab khusus tentang bagaimana menyembuhkan masalah ini.
~ Kurangnya motivasi dan dorongan dalam diri dan lemahnya kemauan membaca. Seolah-olah mereka diciptakan hanya untuk makan, minum, dan tidur saja. Orang-orang seperti itu tidak akan tahan menghadapi kesulitan dalam membaca buku dan tidak akan lama bertahan di depan buku. Sebaliknya, mereka condong menuju kemalasan dan kenyamanan tidur. Seperti yang dikatakan oleh Imam Ibnu Katsir [semoga Allah merahmatinya], berkata: “Ilmu tidak akan diperoleh dengan tubuh yang malas.”
~ Menyibukkan diri dengan aktifitas bersantai, seperti menonton film, menonton sinetron dan acara televisi lainnya yang tidak bermanfaat, menonton siaran pertandingan olahraga, bermain kartu, dan pertemuan yang tidak bermanfaat. ‘Bloboh’ [dermawan] waktu untuk aktifitas-aktifitas tersebut tetapi sangat pelit dan kikir waktu untuk menggunakan 1 jam waktunya untuk membaca buku, kemudian berkata : “Kita tidak punya waktu!”
~ Banyak kesibukan dan aktifitas harian yang menyita waktu, seperti contoh seorang pekerja yang mereka melakukan kerja lembur sehingga sangat sedikit menyisakan waktu luang yang dapat digunakan untuk membaca.
~ Kebiasaan mendengarkan ‘kaset rekaman’ [audio]. Tidak bisa dipungkiri, penyebaran ‘kaset’ telah menjadikan menurunnya minat membaca. Disini harus ada keseimbangan antara mendengarkan kaset dengan membaca buku, karena buku memiliki keunikan khusus dibandingkan kaset. Seorang dapat mendengarkan kaset pada saat kesulitan dalam membaca, saat bersantai ketika akan tidur, saat mengendarai dan hal-hal lain yang mana lebih utama untuk mendengarkan kaset. Abu Al-Barakaat (Kakek dari Syaikhul Islam Ibnu Taimiyyah) semoga Allah merahmati mereka berdua, saat beliau akan mandi, beliau menyuruh seorang pembaca untuk membacakan kitab dari depan kamar mandinya dengan suara yang keras yang dapat beliau dengar, sehingga beliau dapat mengambil manfaat darinya. Inilah diantara cara para ulama untuk memanfaatkan waktu.
~ Pandangan yang keliru dari kebanyakan pelajar, bahwa mereka belajar hanya untuk memperoleh Ijasah untuk kemudian mendapatkan pekerjaan.
Demikianlah beberapa penyebab terasingnya manusia dari buku, setelah ini kita akan mengupas beberapa dari poin diatas. InsyaAllah.

Terjemah bebas dari buku How to read books, karya Syaikh Muhammad Shalih Al-Munajjid Hafidzahullah.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Ceramah Islam : Pembahasan Kehidupan Setelah Kematian

Pembahasan Materi Kehidupan Setelah Kematian Oleh Ustadz Abdullah Zaen MA, dibagi menjadi beberapa bagian , yang diambil dari Kitab Ushulus Sunnah karya Imam Ahmad Rahimahulullah, berikut pembagian nya :
1. Pembahasan tentang perjalanan anak adam diakhirat bagian 1 :   alternative download 2. Tanda-tanda Hari Kiamat :   alternative download 3. Dahsyatnya Hari Kiamatalternative download 4. Menyusuri Alam Akhiratalternative download 5. Perjalanan Hidup Sesudah Mati : alternative download 6. Keadaan Orang Kafir dan Munafik di akhirat  : alternative download 7. Ketika Kematian Telah Matialternative download
Untuk mendownloadnya, silahkan klik pada Judul Materi diatas, atau bisa lewat alternatife download link via mediafire (pilih salah satu saja) . Kesemua link tersebut diambil dari sumber : sini Silahkan bagi yang ingin mendownload langsung dari sumbernya,  Semoga bermanfaat, :)

Download Murottal Al Quran Ustadz Ulin Nuha

Beberapa Murottal yang sering kami dengarkan selain Murottal dari Ustadz Abu Usamah, juga ada murottal Ustadz Ulin Nuha, untuk lebih lengkapnya bisa di cari di youtube atau dengan klik disini , daftar Surat nya antara lain : 1. Surat An Naba 2. Surat An Naziat 3. Surat Abasa 4. Surat At Taqwir 5. Surat Al Infithor 6. Surat Al Muthafifin
Kami telah convert kan menjadi format mp3 supaya lebih mudah di gunakan, berikut link download nya : download
7. Surat Al Fatihah dan Al Baqarah Ayat 1 - 141 = download dari sumbernyaatau download via mediafire (silahkan pilih salah satu)

Semoga Bermanfaat :)


Baca Juga : Jangan Khawatirkan Rezekimu Gupak pulute ora mangan nangkane Mainan itu bernama Dunia Dampak Buruk Maksiat Shaidul Khatir Ibnul Jauzi

Install AYAT Aplikasi Quran lengkap di Linux Ubuntu

Berikut tutorial singkat menginstal Aplikasi 'AYAT' pada Linux Ubuntu, aplikasi Al Qur'an bagus yang dibuat dan dikembangkan oleh King Suud University (KSU) Saudi Arabia. Berikut sedikit devinisi aplikasi Ayat ini pada web KSU : Ayat is a cross platform Quranic software with unique features, translated to many languages. currently installed on more 1,000,000 PC world wide.  Bagi yang ingin mencoba secara online, bisa masuk ke http://quran.ksu.edu.sa/index.php?l=en ,

Untuk instalasi pada Sistem Operasi Windows, tinggal download aplikasinya di http://quran.ksu.edu.sa/ayat/?l=en kemudian install seperti biasa.

Untuk instalasi pada Linux Ubuntu, berikut tutorial singkat nya :

Cara ini bisa digunakan pada Ubuntu 16.04/15.10/15.04/14.04/12.04/Linux Mint 17.x/17/13 dan sejenisnya.

Pertama Install Adobe Air terlebih dahulu .

Buka terminal, jalankan command :

wget -O adobe-air.sh http://drive.noobslab.com/data/apps/AdobeAir/adobe-air.sh chmod +x adobe-air.sh;sudo ./adobe-air…