Langsung ke konten utama

Hakikat Jiwa

Menurut Ibnul Qayyim Al-Jauziyah, Jiwa itu ibarat seperti gunung yang besar, yang sulit untuk ditempuh bagi orang yang berjalan menuju kepada Allah Subhanahu Wa Ta’ala, namun tidak ada jalan untuk menuju kepada Allah Subhanahu Wa Ta’ala kecuali harus sampai di puncak gunung tersebut, tetapi diantara mereka ada yang sangat berat untuk sampai ke puncak gunung, dan diantara mereka ada yang mudah untuk sampai ke puncak gunung, dan sesungguhnya perkara itu mudah bagi yang dimudahkan oleh Allah Subhanahu Wa Ta’ala, ternyata di gunung tersebut banyak lembah-lembah, banyak jalan yang berkelak kelok, banyak halangan-halangan, banyak duri-duri, banyak hal-hal yang bisa mengkaitnya, dan disitu juga ternyata banyak pencuri-pencuri, perampok-perampok yang suka merampok orang-orang yang lewat dijalan tersebut, terutama orang-orang yang berjalan diwaktu malam.
Maka jika seorang ketika berjalan menempuh jalan tersebut tidak menyiapkan dirinya dengan persiapan iman, tidak menerangi jalannya dengan lampu keyakinan, yang disertai dengan minyak yang digunakan untuk menyalakan lampu tersebut dengan minyak kerendahan dihadapan Allah Subhanahu Wa Ta’ala, maka dia akan terperangkap, terjebak, mundur dan tertangkap oleh perampok-perampok tersebut.
Sesungguhnya kebanyakan orang-orang yang berjalan menuju puncak gunung tersebut, mereka akhirnya pulang kembali tatkala mereka tidak mampu untuk melewati halangan-halangan tersebut, dan ketahuilah bahwa setan berada diatas puncak gunung tersebut, kemudian menakut-nakuti manusia untuk berjalan diatas puncak gunung tersebut, maka terkumpullah pada usaha tersebut perkara-perkara sulit. :
Yang pertama ada syetan yang menakut-nakuti.
Yang kedua, sulitnya untuk menanjak gunung tersebut
Yang ketiga, lemahnya orang yang berjalan menuju puncak gunung tersebut,
Maka akhirnya orang-orang banyak yang mundur dari perjalanan tersebut, kecuali orang yang dilindungi Allah Subhanahu Wa Ta’ala.
Setiap orang semakin mendekat ke puncak gunung, maka teriakan-teriakan semakin keras, godaan setan semakin kuat, agar dia mundur. Namun jika ternyata dia bisa melewati itu semua, dan dia berhasil sampai di puncak gunung, maka semuanya berubah jadi keamanan, dan rasa takut tadi berubah jadi ketentraman, maka kemudian dia akan melihat tempat-tempat yang telah disiapkan oleh Allah Subhanahu Wa Ta’ala, keindahan-keindahan yang telah Allah siapkan untuk orang-orang yang telah sampai diatas puncak gunung tersebut .
Antara hamba dengan kemenangan sampai di puncak gunung, adalah kekuatan dan azimah (tekat yang kuat), kesabaran, keberanian untuk sampai puncak gunung tersebut. dan Karunia hanyalah di Tangan Allah Subhanahu Wa Ta’ala, barangsiapa diberi Karunia oleh Allah untuk bisa menaiki gunung tersebut sampai pada puncaknya, maka itu adalah Karunia yang besar dari Allah Subhanahu Wa Ta’ala


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Download Murottal Al Quran Ustadz Ulin Nuha

Beberapa Murottal yang sering kami dengarkan selain Murottal dari Ustadz Abu Usamah, juga ada murottal Ustadz Ulin Nuha, untuk lebih lengkapnya bisa di cari di youtube atau dengan klik disini , daftar Surat nya antara lain : 1. Surat An Naba 2. Surat An Naziat 3. Surat Abasa 4. Surat At Taqwir 5. Surat Al Infithor 6. Surat Al Muthafifin
Kami telah convert kan menjadi format mp3 supaya lebih mudah di gunakan, berikut link download nya : download
7. Surat Al Fatihah dan Al Baqarah Ayat 1 - 141 = download dari sumbernyaatau download via mediafire (silahkan pilih salah satu)

Semoga Bermanfaat :)


Baca Juga : Jangan Khawatirkan Rezekimu Gupak pulute ora mangan nangkane Mainan itu bernama Dunia Dampak Buruk Maksiat Shaidul Khatir Ibnul Jauzi

Install AYAT Aplikasi Quran lengkap di Linux Ubuntu

Berikut tutorial singkat menginstal Aplikasi 'AYAT' pada Linux Ubuntu, aplikasi Al Qur'an bagus yang dibuat dan dikembangkan oleh King Suud University (KSU) Saudi Arabia. Berikut sedikit devinisi aplikasi Ayat ini pada web KSU : Ayat is a cross platform Quranic software with unique features, translated to many languages. currently installed on more 1,000,000 PC world wide.  Bagi yang ingin mencoba secara online, bisa masuk ke http://quran.ksu.edu.sa/index.php?l=en ,

Untuk instalasi pada Sistem Operasi Windows, tinggal download aplikasinya di http://quran.ksu.edu.sa/ayat/?l=en kemudian install seperti biasa.

Untuk instalasi pada Linux Ubuntu, berikut tutorial singkat nya :

Cara ini bisa digunakan pada Ubuntu 16.04/15.10/15.04/14.04/12.04/Linux Mint 17.x/17/13 dan sejenisnya.

Pertama Install Adobe Air terlebih dahulu .

Buka terminal, jalankan command :

wget -O adobe-air.sh http://drive.noobslab.com/data/apps/AdobeAir/adobe-air.sh chmod +x adobe-air.sh;sudo ./adobe-air…

Ceramah Islam : Pembahasan Kehidupan Setelah Kematian

Pembahasan Materi Kehidupan Setelah Kematian Oleh Ustadz Abdullah Zaen MA, dibagi menjadi beberapa bagian , yang diambil dari Kitab Ushulus Sunnah karya Imam Ahmad Rahimahulullah, berikut pembagian nya :
1. Pembahasan tentang perjalanan anak adam diakhirat bagian 1 :   alternative download 2. Tanda-tanda Hari Kiamat :   alternative download 3. Dahsyatnya Hari Kiamatalternative download 4. Menyusuri Alam Akhiratalternative download 5. Perjalanan Hidup Sesudah Mati : alternative download 6. Keadaan Orang Kafir dan Munafik di akhirat  : alternative download 7. Ketika Kematian Telah Matialternative download
Untuk mendownloadnya, silahkan klik pada Judul Materi diatas, atau bisa lewat alternatife download link via mediafire (pilih salah satu saja) . Kesemua link tersebut diambil dari sumber : sini Silahkan bagi yang ingin mendownload langsung dari sumbernya,  Semoga bermanfaat, :)