Monday, August 14, 2023

Keislamanmu, Bukan Kelompokmu


📚 Fiqih dan Hadits

📝 Oleh: Ustadz Farid Nu'man Hasan, S.S., M.Sos.

🍃🍃🌺🍃🌺🍃🍃

📌 Slogan Nahnu Muslimun Qabla Kulli Syai'  (Kita adalah kaum muslimin sebelum menjadi apa pun), nampaknya perlu diperkuat 

📌 Fenomena fanatisme terhadap kelompok, golongan, organisasi, perkumpulan, majelis, guru, begitu kentara apalagi di dunia medsos

📌 Sangat telanjang perilaku para fanatikus bahwa kebanggaan dan kecintaan mereka kepada hal-hal itu lebih besar daripada kebanggaan dan kecintaan kepada Islamnya

📌  Bergabung kepada sebuah komunitas lalu bangga dan cinta kepadanya, karena di dalamnya ada banyak kebaikan dan manfaat, pada prinsipnya tidaklah mengapa. Boleh-boleh saja, bahkan sangat bagus jika diniatkan sebagai kendaraan untuk kejayaan Islam dan kaum muslimin.  Allah Ta'ala berfirman:

وتعاونوا على البر والتقوى

Saling tolong menolonglah dalam kebaikan dan ketaqwaan.
(QS. Al Maidah: 2) 

📌 Sayangnya, tidak sedikit yang tergelincir dalam fanatisme buta kepada kelompok, golongan, atau guru, walau bisa jadi mereka tidak menyadarinya. 

📌 Mereka senang jika kelompok lain atau Ustadz lain tergelincir, dan mereka akan ikut membuka aibnya. Sebaliknya mereka akan tutupi kebaikan dan manfaat yang muncul dari kelompok lainnya. 

📌 Kesadaran untuk husnuzhan menghilang jika yang membuat kesalahan adalah kelompok lain, justru mereka senang jika kelompok lain salah, tapi mereka mengajak husnuzhan jika yang buat kesalahan adalah kelompoknya sendiri. 

📌 Ada pun jika kelompoknya berbuat kebaikan maka akan digembar-gemborkan, tapi jika melakukan kesalahan bahkan penyimpangan, justru dibela habis habisan. 

📌 Jika ada kebenaran datangnya dari kelompok atau ustadz lain mereka tetap menolaknya, bahkan mendengar pun tidak sudi. Mereka anggap kebenaran hanya ada pada kelompoknya saja atau gurunya, selainnya pasti salah. Kultus tingkat paling mengerikan. 

📌 Itulah salah satu potret fanatisme, di antara potret-potret yang lainnya. Mirip yang digambarkan dalam Al-Quran:

كُلُّ حِزْبِ بِمَا لَدَيْهِمْ فَرِحُوْنَ

Setiap kelompok membangga-banggakan apa-apa yang ada pada mereka. (QS. Al Mu'minun: 53) 

📌 Sungguh, keislaman kita yang menyelamatkan dunia dan akhirat kita. Islam yang lapang dan lurus (hanifiyah samhah) dan membawa rahmat bagi seluruh alam (rahmatan lil 'alamin), menjadi nampak sempit oleh sikap fanatisme kelompok sebagian umatnya. 

📌 Allah Ta'ala sudah menamakan kita sebagai "muslimun", maka berhentilah di situ, dan berbangga dan berbahagialah dengannya. Jangan sempitkan kelapangan Islam dengan fanatisme jahiliyah .. 

Allah Ta'ala berfirman:

هُوَ اجْتَبَاكُمْ وَمَا جَعَلَ عَلَيْكُمْ فِي الدِّينِ مِنْ حَرَجٍ مِلَّةَ أَبِيكُمْ إِبْرَاهِيمَ هُوَ سَمَّاكُمُ الْمُسْلِمِينَ مِنْ قَبْلُ... 

Dia telah memilih kamu dan Dia sekali-kali tidak menjadikan untuk kamu dalam agama suatu kesempitan. (Ikutilah) agama orang tuamu Ibrahim. Sejak dahulu, Dia (Allah) telah menamai kamu sekalian kaum muslimin... (QS. Al-Hajj: 78) 

Wallahu Musta'an! 

🍃🍃🌺🍃🌺🍃🍃 


Dipersembahkan oleh : www.manis.id

Subscribe Youtube MANIS: https://youtube.com/c/MajelisManisOfficial

No comments:

Post a Comment